Thursday, July 19, 2012

suku dompu

Dompu adalah suku bangasa yang berdiam di pulau Sumbawa, dalam wilayah Kabupaten Dompu, Propinsi NTB. Mereka tersebar dalam empat kecamatan, yakni Huu, Dompu, Kempo, dan Kilo. Tetangga sebagai penduduk asal di sekitar Kabupaten Dompu adalah orang Mbojo yang merupakan penduduk dominan di Kabupaten Bima di sebelah timur, dan orang Sumbawa di Kabupaten Sembawa di sebelah barat. Dompu merupakan daerah berbukit-bukit dan daerah vulkanik. Suku Dompu hidup berdampingan dengan orang Donggo, Bima, Sasak, Melayu, Bugis, Cina, Arab, Bali dan Timor. Bahasa mereka disebut Nggahi Mbojo. 
NILAI-NILAI KEBUDAYAAN
·         Aspek: ekonomi, Nilai: ikhtiar, makmur. Mereka hidup dari pertanian, perkebunan, perikanan dan sebagian beternak, berdagang dan pegawai.
.
·         Aspek: religi, Nilai: ketuhanan. Suku Dompu adalah beragama islam yang sangat Nampak. Namun suku ini begitu terbuka dengan hal hal lainnya. Suku dompu minoritas agama Katolik, Protestan, Hindu, Budha. Dalam kehidupan sehari – hari para ulama merupakan salah satu golongan masyarakat yang kedudukan terpandang, di samping golongan terdidik, yang ekonominya baik.

0 comments:

Post a Comment